PAH Pendidikan Agama Hindu

Dalam matakuliah ini kita akan mengembangkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan tentang Hindu. Selain itu, kita juga akan mengembangkan penghayatan tentang Hindu melalui karya inovatis dan kreatif berdasar tema atau konsep agama. Untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang perkuliahan ini, silakan klick di sini

Teacher: Nengah Parta

PAI Pendidikan Agama Islam

Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian (moral excellence) yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues)   yang   diyakini   dan   digunakan   sebagai   landasan   cara pandang,  berpikir,  bersikap,  dan  bertindak.  Pendidikan  karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai kebaikan pada diri peserta didik sehingga mereka memiliki nilai-nilai karakter sebagai watak dirinya dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupannya, sebagai anggota masyarakat dan warganegara yang religius, nasionalis, produktif, dan kreatif.

Di antara nilai-nilai karakter terpenting yang harus ditanamkan adalah nilai religius, yakni sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pihak- pihak  yang  berlainan  paham  dan  keyakinan,  serta  hidup  rukun

dengan umat beragama lain. Alasannya, bangsa Indonesia adalah masyarakat agamis. Oleh karena itu, kehidupan individu, masyarakat, dan bangsa harus selalu didasarkan pada ajaran agama dan kepercayaannya. Atas dasar  pertimbangan itulah,  nilai-nilai  pendi- dikan karakter harus berasas pada nilai dan kaidah yang berasal dari agama.


PAKatolik Pendidikan Agama Katolik

Matakuliah ini memberikan gambaran mengenai pokok-pokok ajaran katolik bagi mahasiswa katolik di perguruan tinggi. Dengan lebih terinci ada 3 kompetensi utama yang diharapkan dapat dimiliki mahasiswa:

  1. Memahami rahmat kasih Allah, memahami asal-usul dan tujuan hidup manusia sebagai citra Allah yang beriman pada Allah Tritunggal Kudus
  2. Memahami Yesus sebagai wahyu ilahi, pelaksana keselamatan yang diteruskan dari generasi ke generasi
  3. Memiliki hati nurani bersih dan siap mempersembahkan diri untuk kesejahteraan bersama berdasarkan Cinta Allah yang terwujud dalam Pancasila

PAK Pendidikan Agama Kristen Protestan


Shalom... 

Salam sejahterah saudara/i...

Matakuliah Pendidikan Agama Kristen Protestan ini bertujuan pembentukan pengetahuan dan karakter sebagaimana yang di ajarkan Tuhan Yesus..

Saudara/i akan dibimbing untuk memahami pemahaman rohani yang sesuai dengan ajaran Alkitab dan terwujud dalam tanggung jawab seorang Kristen ditengah-tengah masyarakat saat ini.

Adapun deskripsi singkat matakuliah Pendidkan Agama Kristen Protestan ini adalah :

Matakuliah ini memaparkan konsep dan prinsip-prinsip dasar Iman Kristen melalui tema-tema yang sangat mendasar diantaranya: 

1. Bagaimana manusia dapat mengenal Allahnya
2. Ketritunggalan Allah menurut Alkitab
3. Tanggung jawab Iman Kristen 
Matakuliah Pendidikan Agama Kristen Protestan ini juga memberikan motivasi/ dorongan kepada mahasiswa/i agar secara aktif terlibat dalam kegiatan agamanya dan bermasyarakat.