Belajar dan Pembelajaran Belajar dan Pembelajaran

Matakuliah Belajar dan Pembelajaran berisi tentang kajian teori belajar dan pembelajaran, paradigma belajar dan implikasinya dalam pembelajaran, Bagian-bagian (variabel) pembelajaran: kondisi pembelajaran, metode pembelajaran, dan hasil pembelajaran, menjadi titik tolak dalam kajian kelimuan pembelajaran. Komponen-komponen pokok program pembelajaran berserta perangkat dan prosedur pengembangannya juga menjadi kajian integral dalam matakuliah ini untuk mendukung kemampuan profesional sebagai tenaga pendidik yang kreatif-inovatif.

Teacher: agus wedi

BdP Belajar dan Pembelajaran

Matakuliah Belajar dan Pembelajaran berisi tentang kajian teori belajar dan pembelajaran, paradigma belajar dan implikasinya dalam pembelajaran, Bagian-bagian variabel pembelajaran: kondisi pembelajaran, metode pembelajaran, dan hasil pembelajaran, menjadi menjadi titik tolak dalam kajian kelimuan pembelajaran. Komponen-komponen pokok program pembelajaran berserta perangkat dan prosedur pengembangannya juga menjadi kajian integral dalam matakuliah ini untuk mendukung profesionalitas sebagai tenaga pendidik yang kreatif-inovatif.


B & P Belajar dan Pembelajaran

Matakuliah Belajar dan Pembelajaran berisi tentang kajian teori belajar dan pembelajaran, paradigma belajar dan implikasinya dalam pembelajaran, Bagian-bagian (variabel) pembelajaran: kondisi pembelajaran, metode pembelajaran, dan hasil pembelajaran, menjadi titik tolak dalam kajian kelimuan pembelajaran. Komponen-komponen pokok program pembelajaran berserta perangkat dan prosedur pengembangannya juga menjadi kajian integral dalam matakuliah ini untuk mendukung kemampuan profesional sebagai tenaga pendidik yang kreatif-inovatif.

Teacher: agus wedi

MI MANAJEMEN INOVASI

BERINOVASI atau MATI.....


Rekan-rekan peserta pelatihan, pertanyaan itu meruapakn persoalan yang besar dalam seluruh aspek kehidupan kita belakangan hari ini. Globalisasi sudah tidak bisa terelakkan lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Dunia pendidikan juga diperhadapkan dengan tantangan yang sama. Mahasiswa yang ada merupakan generasi-generasi "Z" yang sangat mengalami "ketergantungan" terhadap teknologi. Manajemen Inovasi lahir untuk membantu rekan-rekan agar dapat memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif dan kritis sesuai dengan dinamika global.


Pelatihan Manajemen Inovasi ini didesain agar rekan-rekan mampu mengembangkan pola pikir dan cara pandang inovatif dalam menghadapi berbagai tantangan problematika perubahan sosial dan teknologi di era revolusi industri 4.0. Selain itu materi ini juga mampu melatih mengelola ide dan rencana inovatif sesuai dengan bidang keilmuan melalui prosedur design thinking yaitu pemilihan topik kajian (topic selection and notice), identifikasi problem dan penelusuran informasi (empathize and explore), pengembangan ide-ide (ideate), analisis ide (analyze and select), pengembangan purwarupa (prototype), presentasi dan penjaringan balikan (learn feedback), dan penyempurnaan, publikasi dan pelaporan (revise, share and repost).


Manajemen Inovasi adalah suatu pelatihan yang sangat menantang dan menarik untuk menciptakan suatu perubahan. Pelatihan ini sangat aplikatif karena dikembangkan dengan metode program based learning dan project based learning.


MPIPABK Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer

SELAMAT DATANG DI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KOMPUTER

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan merancang dan mengembangkan berbagai media pembelajaran IPA secara inovatif dan produktif yang sesuai dengan hakekat IPA sebagai inkuiri melalui simulasi komputer.

Deskripsi isi dalam matakuliah ini yaitu mempelajari tentang:

  1. Virtual Lab
  2. Ispring Assesment
  3. Prezo Presentation
  4. Videoscribe Animation

--------------------------------------------------------------------------------------

Salam, Agung Mulyo Setiawan, S.Pd., M.Si.

ML SPORT METODE LATIHAN

Metode latihan nantinya akan menghasilkan produk seperti gambar di atas. Bagaimana pelatih dapat membuat beberapa gerakan dan program latihan yang digunakan banyak orang. Dengan catatan porsi yang deberikan sesuai dengan para peserta, tujuan dan fungsi latihan juga jelas serta sinkron dengan program yang diberikan. Tantangan yang akan dihadapi pada sharing kali ini  adalah detailing program dan pemahaman peserta yang heterogen. 

 


Pendidikan Keluarga Pendidikan Keluarga

Matakuliah ini memiliki capaian pembelajaran agar mahasiswa memiliki wawasan tentang pendidikan keluarga serta mampu menyusun rancangan strategi peningkatan kompetensi orangtua dalam pendidikan keluarga.Mahasiswa memiliki wawasan tentang pendidikan keluarga serta mampu menyusun rancangan strategi peningkatan kompetensi orangtua dalam pendidikan keluarga.

Pengantar Pendidikan Pengantar Pendidikan

Matakuliah Pengantar Ilmu Kependidikan ini berisi kajian secara komprehensif  dan kontekstual untuk membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi sebagai berikut:

(1) Dasar-dasar pendidikan yang meliputi hakikat manusia dan pengembangannya, sejarah pendidikan, landasan pendidikan, dan asas pendidikan, yang meliputi materi tentang dimensi keindividualan, dimensi kesosialan, dimensi kesusilaan, dimensi keberagamaan,pengembangan dimensi manusia, sejarah pendidikan dunia dan Indonesia, dan etika profesi pendidik

(2) Keilmuan kependidikan yang meliputi teori pendidikan (grand teori), pendidikan sebagai ilmu, pendidikan sebagai sistem,yang meliputi materi tentang teori nativisme, empirisme, naturalisme, konvergensi, dan pengembangannya

(3) Aspek dinamik pendidikan yang meliputi pembaharuan pendidikan dan permasalahan pendidikan yang diantaranya meliputi materi tentang pendidikan karakter dan multikultural dalam pendidikan.

PIPPK Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTs) dalam Pembelajaran Kimia

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)

PRODI PENDIDIKAN KIMIA

JURUSAN KIMIA

FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG


 

A. IDENTITAS MATAKULIAH

 

1.       

Matakuliah

:

Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTs)  Kimia                         

2.       

Sandi

:

PKIM 618

3.       

Kredit/Jam Semester

:

2/2

4.       

Matakuliah Prasyarat

:

PKIM  603/  Penilaian Pendidikan kimia

5.       

Nama Dosen Pengampu

:

Herunata, S.Pd., M.Pd

 

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH

1.                        Memahami kaidah-kaidah pengembangan instrumen penilaian berpikir tingkat tinggi (HOTs) dalam pembelajaran kimia

2.                        Menyusun instrumen penilaian berpikir tingkat tinggi (HOTs) dalam pembelajaran kimia

3.                        Menganalisis ketercapaain  instrumen penilaian berpikir tingkat tinggi (HOTs) dalam pembelajaran kimia


PENILAIAN PEMBELAJARAN PENTINGNYA PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN

Penilaian pembelajaran merupakan sebuah upaya untuk memperbaiki mutu pendidikan yang ada Indonesia. Penilaian erat kaitannya dengan berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran yang dilakukan. Penilaian juga dapat digunakan untuk menganalisis apakah seseorang sudah mencapai kompetensi pembelajaran yang dilakukan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari beberapa topik/materi yang berhubungan dengan penilaian, antara lain : pengukuran dan penilaian hasil belajar, alat ukur evaluasi baik tes maupun non tes, jenis tes, rambu-rambu penyusunan tes, instrument non tes, analisis tes (tingkat kesukatan, daya pembeda, reliabilitas, dan validitas, opsi), serta pengelolaan hasil pembelajaran.

Untuk itu, marilah kita sama-sama belajar bagaimana melakukan teknik penilaian yang baik dan benar.

PPDUM Perkembangan Peserta Didik

PPD

Matakuliah ini akan memandu Anda untuk belajar tentang wawasan teoritik dan kontekstual perkembangan peserta didik.  Anda akan mempelajari tentang teori-teori perkembangan serta bagaimana pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam profesi sebagai guru/pendidik.  Melalui matakuliah ini Anda akan memiliki kompetensi dalam penguasaan teori perkembangan individu, serta bagaimana melakukan asesmen pemahaman individu untuk melakukan diagnosis dalam perkembangan peserta didik dan menemukan solusi terkait problem yang terjadi dalam perkembangan peserta didik.

Matakuliah ini penting bagi para calon guru/pendidik agar dapat memahami karakteristik peserta didik dengan baik dan secara menyeluruh. Ketika para guru/pendidik memahami karakteristik peserta didiknya, maka dapat memberikan pembelajaran dengan tepat dari segi metode, media, dan bahkan memberikan intervensi yang tepat pula atas kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran.